PENGERTIAN FARMAKOKINETIK

Berdasarkan Sudut Pandang Farmakologi

Bagi kita yang bergelut dalam dunia farmasi tentu sering mendengar istilah Farmakokinetik namun mungkin tidak semuanya memahami apa itu farmakokinetik menurut ilmu farmakologi.

Seperti halnya pengertian farmakologi yang membahas pengetahuan seputar obat-obatan maka demikian pula halnya dengan farmakokinetik.

Secara gamlang istilah farmakokinetik menurut ilmu farmakologi sebenarnya dapat diartikan sebagai proses yang dilalui obat di dalam tubuh atau tahapan perjalanan obat tersebut di dalam tubuh. Proses farmakokinetik ini dalam ilmu farmakologi meliputi beberapa tahapan mulai dari proses absorpsi atau penyerapan obat, distribusi atau penyaluran obat ke seluruh tubuh, metabolisme obat hingga sampai kepada tahap ekskresi obat itu sendiri atau proses pengeluaran zat obat tersebut dari dalam tubuh.

Farmakokinetik juga dapat diibaratkan “perjalanan obat” atau “petualangan obat” di dalam tubuh manusia. Nah… sudah mengerti kan mengenai arti kata farmakokinetik. Semoga posting kali ini bisa menjawab pertanyaan sebenarnya “apa pengertian farmakokinetik?” atau “maksudnya farmakokinetik itu apa sih?”

Semoga postingan singkat dan sederhana ini dapat bermanfaat bagi kita semua.



Posting Lain Farmakologi Menurut Kategori


1 komentar:

  1. polobye Says:

    numpang mejeng gan..